Minggu, 06 Desember 2015

Ingin Bertamasya? Siapkan Mental, Fisik, dan Kendaraan Anda

Tamasya atau jalan-jalan seringkali dilakukan oleh kawula muda untuk melepas penat. Biasanya mereka jalan-jalan tiap akhir pekan atau ketika duit banyak. Tempat-tempat yang ditawarkan lewat media memang kadang menggiurkan. Kadang juga foto dari teman yang sudah bepergian ke sana membuat hati ini "cemburu" dan ingin mengunjungi tempat yang difoto selfie oleh teman itu. Banyaklah alasan yang menggulung hati untuk jalan-jalan.

Dalam jalan-jalan memang fisik dan mental perlu disiapkan. Pikiran harus tenang agar berkendara nyaman. Badan harus dalam kondisi fit agar perjalanan aman. Lalu kondisi kendaraan harus segar-bugar dalam arti tidak terganggu sesuatu yang fatal.

Berikut bagian kendaraan yang harus diperiksa dan siap saat bertamasya:

1. Spion
Kebanyakan orang tidak menggunakan spion untuk melihat belakang. Sebagian kecil saja yang menggunakan spion untuk keperluan melihat arah agar lebih mudah. Sekalipun hanya sebagian kecil orang menggunakan spion, alat ini penting guna menunjang keamanan berkendara. Maka, pastikan spion standar terpasang dengan aman

2. Lampu Motor
Lampu motor penting digunakan saat siang dan malam hari.Kondisi lampu sempurna dibutuhkan terutama bagi kita yang suka bepergian ke gunung atau pantai yang jauh dari pemukiman penduduk dan tidak terdapat banyak penerangan jalan.

3. Ban dan Rem
Ban dan rem haruslah dalam kondisi utuh dan tidak banyak aus. Rem kaki (untuk ban belakang) dan rem tangan (untuk ban depan) kiranya diganti dan dipastikan fit ketika hendak berkendara. 

4. Rantai dan Gear
Bila sudah masanya, maka gear dan rem sebaiknya diganti agar tidak rusak di tengah hutan. Sungguh sayang rasanya kegembiraan luntur akibat kerusakan gear dan rantai.

Demikian langkah-langkah mempersiapkan tamasya. Kiranya perjalanan kita senantiasa menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar