Kamis, 03 Desember 2015

3 Desember Sebagai Hari Difabel Nasional: Apresiasi Untuk Teman-teman Difabel

Setiap orang dalam posisi apapun tentu punya kontribusi. Setiap orang? Ya, setiap orang tanpa terkecuali. Mereka yang kecil-besar, Dewasa-anak-anak-Lansia, berbagai profesi, dan berbagai latar belakang, kondisi fisik tertentu, dan dimanapun berada tentu termasuk dalam setiap orang itu. Posisinya juga beragam dari berbagai status sosial, jabatan, dan latar belakang. Kontribusinya yakni berupa karya, usaha, dana, dan daya.

Dalam dunia akademik, suatu metode untuk mengenal ini dinamakan dengan apreciate Inquiry yakni suatu metode melihat potensi dari seseorang yang belum dapat dilihat secara sekilas. Untuk mendapatkan potensi itu butuh pengamatan dan penelitian yang tidak sebentar sehingga membutuhkan kesabaran. Dalam bahasa sehari-hari kita mengenal metode ini sebagai,"setiap orang punya kelebihan..."

Setiap orang punya kelebihan termasuk di dalamnya teman-teman difabel. Mereka berkarya dan mampu produktif dalam bidang seni, pertunjukkan, dan olahraga. Masyarakat dunia mengapresiasi potensi ini dengan mengadakan olimpiade difabel. 

kondisi tubuh tidak membatasi orang untuk berkarya. Maka dalam posisi kita sekarang kita masih mampu untuk memberikan kontribusi hingga membuat orang banyak merasakan kebaikan. Salam. Selamat Hari Difabel Nasional!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar