Rabu, 24 September 2014

Sentra Kerajinan Bambu Sleman



Bapak Paryono atau kerap disapa pak Paryo, Warga GKJ Ngento-ento, Godean, Sleman, Yogyakarta menggeluti kerajinan bambu sejak 1986. Dulunya bukan gedung besar yang dia miliki. Awalnya , Pak Paryo merancang besek. Besek adalah tempat nasi atau tempat makanan lain yang secara tradisi dipakai oleh masyarakat setempat. Besek ditekuni dulu lalu mengikuti diklat dari kementrian perindustrian.

Pemasaran dari hasil ketekunan ini berdasarkan pemesanan. Pesanan bisa datang dari luar negeri. pasar lokalnya meliputi Jakarta dan Bali. Ketekunan membuat usaha pak Paryono terus berkembang. Pada 1986, Pak Paryo masih menggarap sendiri dibantu dengan peserta diklat.

Penjualannya dulu hanya dititipkan saja di tempat wisata seperti prambanan dan borobudur tapi sekarang pembeli sudah datang menjemput kesini.


hari ini, (25/09/14), karyawan biasa yang bekerja disini ada delapan orang. Bambu yang dipakai adalah bambu apus dengan ukuran yang tidak selalu sama. Kriteria bambu adalah tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Istilahnya mbok bung. bambu yang terlalu tua justru mudah patah.

 
Berbagai Jenis anyaman Bambu ada disini. Anda Berminat? Silahkan Pesan Langsung pada pak Paryono!!! :)


1 komentar:

  1. maaf, kbtulan saya lagi mencari kerajinan bambu.

    utk contact person pak paryo, berapa mas ? thanks..

    telp sy: 082389831888

    BalasHapus