Kamis, 10 Desember 2015

Hak Azasi Manusia: Ingat Kembali Kita Masih Punya Mimpi

Ingat HAM ingat aktifis kawakan pejuang HAM yaitu Munir! Beliau memperjuangkan hak-hak orang-orang yang terampas. Dedikasi tinggi menyebabkan dirinya mengalami banyak intimidasi. Sampai akhirnya wafat dalam sebuah penerbangan ke Belanda. 

10 Desember diperingati sebagai Hari Hak Azasi Manusia. Hak untuk berpendapat, untuk hidup, dan untuk beragama. Ketiga hak ini menjadi wilayah cakupan dari perjuangan HAM.

Baru-baru ini kita mengenal suatu hak dasar yang lain. Hak untuk mendapatkan pendidikan dan kesehatan. Pendidikan menjamin seseorang untuk mendapat masa depan, penghidupan yang layak, dan perlakuan yang bijak.

Kesehatan dijamin oleh Negara dan kesehatan menjadi kebutuhan penting dalam kehidupan manusia. Tanpa jaminan pelayanan kesehatan maka orang akan terkatung-katung saat akan dilayani di fasilitas kesehatan.

Dijaminnya kesehatan dan pendidikan menyebabkan seseorang yakin akan cita-cita dan mimpinya. Maka sekarang kita perjuangkan kesehatan dan pendidikan yang layak bagi semua warga negara agar mereka masih mengingat hal-hal penting berupa mimpi yang masih bisa diraih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar