Kamis, 03 Juli 2014

Apresiasi: Festival Buku Indonesia


Suasana Gerbang Masuk pada Festival Buku Indonesia
Sebagian Penerbit Buku yang tergabung dalam Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) menyelenggarakan acara bertajuk Festival Buku Indonesia. Acara ini menghadirkan buku - buku dalam berbagai topik. Dalam rentang sepuluh hari, pagelaran buku dilaksanakan yakni pada 25 Juni 2014 - 3 Juli 2014 di Gedung Mandala Bakti Wanitatama, Yogyakarta.
Beberapa hal menarik dapat dijumpai seperti host profesional memandu pengunjung memilih buku, tempat parker yang nyaman, dan buku – buku yang tersedia cukup lengkap. Acara ini ditutup dengan pertunjukkan musik dan kesenian daerah berupa gamelan.
Beberapa pengunjung yang mayoritas mahasiswa merasakan manfaat dan puas akan pagelaran buku ini. “… mungkin lebih seru yah, kalau pameran kayak gini dilakukan sering – sering…” kata seorang pengunjung.
Suasana Stand dari penerbit - penerbit anggota IKAPI
Pagelaran buku memang bermanfaat. Mahasiswa tidaklah perlu bersusah untuk mencari toko buku yang tersebar di berbagai sudut kota ini. kadangkala, sekalipun mahasiswa telah menemukan penerbit dan tokonya, buku yang dicari belum tentu tersedia karena tahun terbit yang lama.
Sumber – sumber referensi berupa buku penting bagi setiap kota yang ingin menjadikan diri sebagai kota pelajar. Pelajar memang identik dengan buku literatur. Lengkapnya sumber akan mempermudah kaum muda untuk belajar dan menggali informasi lebih dalam. Semakin banyak data maka akan semakin dalamlah analisanya.
Buku - buku yang bisa dibeli di Festival Buku Indonesia
Kiranya harapan – harapan ini terdengar kepada pihak – pihak terkait seperti Pemerintah Daerah, penerbit – penerbit, dan tokoh –tokoh masyarakat lain yang memang bertujuan sama yakni memajukan pendidikan dan riset di Nusantara. Dukungan dari semua pihak akan menunjang mutu dan kualitas sumber daya manusia di negeri ini. Hidup Literasi Indonesia!
Suasana Pelataran dari Gedung, tampaklah penjual minuman dan snack untuk memeriahkan acara.
 
Suasana Panggung: terlihat alat musik kroncong dan tradisional Indonesia
Pembawa acara dalam warming up upacara penutupan Festival Buku Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar