Senin, 09 November 2015

Selamat Hari Pahlawan: Semangat Memberi Diri

Kepahlawanan adalah Jiwa raga kita. Kepahlawanan ada adalah jiwa berkorban. Kepentingan bersama di atas kepentingan diri sendiri. Tidak egois dan selalu ingin memberi diri. Itulah pahlawan!

Dunia selalu indah bila orang memberi diri. Ia tidak berburu untuk memuaskan nafsu ataupun kepentingan sendiri. Ia selalu ingin orang lain bahagia, bersamanya, ataupun tidak bersamanya.

Keadilan dan kesejahteraan itulah prinsipnya. Orang berbondong-bondong mengusung kebebasan dan kemerdekaan. Tidak ada kebebasan yang didapat tanpa pengorbanan. Kalaupun ada, kebebasan itu hanyalah boneka yang diberikan oleh kaki tangan asing kepadanya. Kemerdekaan dan kebebasan yang didapat dari perjuangan dan pengorbanan adalah kebebasan hakiki, kemerdekaan sejati.

kemerdekaan berarti bergulirnya keadilan, kesejahteraan, dan kebebasan. Kemerdekaan diperjuangkan oleh Pahlawan. Perjuangan Pahlawan itulah yang kita nikmati sekarang. Kita, yang sekarang duduk di atas tanah Republik. Indonesia yang ada sekarang adalah hasil pengorbanan. Indonesia yang ada di masa datang juga seyogyanya menjadi hasil pengorbanan kita.

kita masing-masing sudah berjuang dalam bidang yang diminati. Entah kita Pendidikan, Teknik, Kesehatan, Sosial, dan Teologi, semuanya berhak memberikan kontribusi, bersumbangsih untuk kemajuan wilayah dimana kita berada. 

Sekarang pertanyaan kita, sudahkah kita berkorban? Sudahkah kita bercita-cita mempertahankan kebebasan dan keadilan dalam kemerdekaan? Maka layaklah kita merenungkan, "apa kontribusi kita?" Apa yang akan kita berikan untuk mewariskan keluhuran kepada adik-adik, anakcucu? 

Bila tidak ada cita-cita, maka sekarang belum terlambat untuk merancangnya. Bila sudah ada maka sekaranglah waktunya untuk memulai langkah demi langkah mengisi kemerdekaan dan menghargai jasa pahlawan Republik. Amin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar