Kamis, 04 September 2014

Pembangunan, Ruang Publik, Dan Perubahan Sosial

Pembangunan pada dasarnya adalah untuk menyejahterakan manusia. Semua yang terkait dengan sumber - sumber daya dimanfaatkan untuk menunjang dan memuaskan kebutuhan manusia. Pembangunan kemudian membuat keadaan yang lebih baik untuk manusia dan seluruh ciptaan. 


Tidak dapat dipungkiri bahwa pembangunan kemudian mendatangkan dampak. Pembangunan bisa berdampak baik dan buruk. Pembangunan kemudian tidak bisa menghindari resiko yang ditimbulkan. semua pembangunan pada hakikatnya mengandung resiko. Kearifan manusia membuat semuanya menjadi lebih bijak. Manusia dalam membangun semuanya ini diberi pilihan untuk meminimalisir resiko dan menciptakan sebanyak mungkin peluang dan kemajuan.

Salah satu imbas yang dirasakan adalah ketersediaan ruang publik. Ada pembangunan yang memihak masyarakat dan ada pula yang tidak. semakin minimnya ruang publik maka menjadi indikator bahwa pembangunan tidaklah memihak masyarakat. Padahal, ruang publik begitu penting untuk interaksi dan kesatuan keharmonisan masyarakat.

Semakin minimnya ruang publik, sebagai akibat dari pembangunan tadi menyebabkan interaksi antar manusia semakin minim. akhirnya, gesekan - gesekan ditimbulkan dari manusia - manusia individual yaitu manusia yang jarang berinteraksi dengan orang lain.

maka sekarang saatnya, kaum muda menyadari, pentingnya ketersediaan interaksi dan ruang terbuka milik publik guna menjaga keharmonisan dan kesejukan batin (Rohani) dan kesehatan tubuh karena ruang terbuka hijau menjadi semakin luas (Jasmani). apa yang bisa kita lakukan untuk menjaga eksistensi ruang publik ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar